French Press

FRENCH PRESS

 

Istilah French Press mungkin asing terdengar bagi kamu, namun untuk para pekerja kafe atau barista pasti tidak asing dengan alat ini.

Yup! French press adalah salah satu penyeduh kopi manual, French Press telah mengalami beberapa modifikasi desain. French Press modern terdiri dari sebuah tabung silinder, biasanya terbuat dari kaca atau plastik bening, dilengkapi dengan logam atau tutup plastik dan plunger yang ukurannya pas dengan ukuran dalam silinder dan disertai kawat atau nilon mesh filter yang kokoh.

 

Sesuai dengan namanya French yang memiliki arti Perancis, French Press atau yang biasa disebut dengan Coffee Press adalah penyeduh kopi yang berasal dari Perancis namun berkembang dan disempurnakan di Italia.

French Press cc : google

 

Sekarang mari kita membahas sejarah mengenai alat manual ini,

Selama bertahun-tahun, French Press telah mengalami beberapa modifikasi desain. Pertama tekan kopi, yang mungkin telah dibuat di Perancis, adalah Coffee Press modern dalam bentuk dasar berupa saringan logam atau kain tipis yang dipasang sebuah batang besi. Untuk menggunakannya, kamu harus menekan batang besi tersebut ke dalam pyang berisi air mendidih tersebut. Coffee Press telah dipatenkan oleh seorang desainer asal Milan Attilio Calimani pada tahun 1929. Meskipun demikian, desain dari perangkat penyeduh kopi tersebut masih belum sempurna. Beberapa perbaikan mulai dilakukan oleh Faliero Bondanini, seorang pria asal Swiss. Faliero Bondanini melakukan beberapa modifikasi desain pada French Press buatan Milan Attilio, dan kemudian dia mempatenkan Coffee Press hasil desainnya sendiri pada tahun 1958. Ia pun mulai memproduksi perangkat yang telah dipatenkannya di sebuah pabrik klarinet Perancis bernama Martin SA, di mana kemudian popularitasnya tumbuh. Setelah itu, perangkat penyeduh ini mulai dipopulerkan lebih jauh di Eropa oleh sebuah perusahaan Inggris bernama Household Articles Ltd. dan perusahaan produsen peralatan makan dan dapur asal Denmark yaitu Bodum.

 

Nah, untuk menikmati hasil maksimal dari penggunaan French Press ini, biasanya French Press disarankan untuk menggunakan kopi yang memiliki gilingan kasar daripada kopi dengan halus, sesuai dengan cara serta bentuk dari French Press itu sendiri apabila kamu menggunakan kopi dengan gilingan halus maka ampas kopi akan merembes melalui filter yang ada di French Press tersebut sehingga hasil seduhan kopimu akan bercampur dengan ampas kopi, tak hanya itu, menggunakan kopi dengan gilingan halus juga bisa mengakibatkan kopi seduhanmu menjadi terlalu pahit atau biasa disebut dengan istilah over-extraction.

 

Dengan cara yang sama seperti kopi, French press juga dapat digunakan sebagai pengganti teh infuser untuk menyeduh teh. Namun perlu diketahui, French Press yang sama tidak boleh digunakan untuk teh dan kopi kecuali dibersihkan secara menyeluruh, karena residu kopi dapat merusak rasa teh. Namun, metode ini lebih cocok untuk teh ringan dan tidak cocok untuk The India (yang harus direbus) atau teh Cina (yang cenderung membutuhkan waktu yang lama dalam proses penyeduhannya yang juga dengan daun teh yang biasa digunakan kembali).

Bagaimana? Sudah mulai familiar dengan alat yang satu ini?

 

 

Temukan Cara, Jadi Ahlinya!

Be The Expert!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *